sprites – art & creative biennale 2013

p5
ART & CREATIVE BIENNALE 2013 BALI 9 JUN – 6 SEP

Sprites digagas dan dirancang untuk menjadi wahana ‘bermain’ dan sekaligus mengaplikasikan serta membangun nilai-nilai yang kelak diharapkan menjadi nilai-nilai yang aplikatif dalam praktek kehidupan yang sinambung. Memadukan nilai-nilai lokal yang filosofis dengan nilai-nilai global yang universal memerlukan penggalian dan praktek dan salah satu mediumnya adalah Sprites. Beberapa nilai mendasar dalam Sprites adalah pembangunan pemahaman melalui kaidah-kaidah yang terangkum dalam strategi acara seperti:

Collaborative Practice
Dalam Sprites, talenta-talenta di bidang kreativitas yang berbeda dipertemukan dalam intermingle. Fungsi kerja bersama ini mengedepankan dialog dan komunikasi dimana hubungan erat multi keahlian dan bidang profesi kreatif secara intens berinteraksi sebagai wahana memperoleh hasil dan dampak yang lebih besar, baik dan bermakna.

Breaking Boundaries dan Transformative Learning
Acara Sprites adalah acara partisipatif yang terbuka untuk semua kalangan. Proses dan pelaksanaannya harus menghilangkan sekat pembatas semu antar bidang dan generasi dan mengedepankan transformasi yang diperoleh melalui sharing kesempatan-pengetahuan- pengalaman-jaringan dalam sebuah proses.

Eco & Cultural Stewardship
Dalam menjalankan agenda acara Sprites pemaknaan nilai-nilai budaya dan lingkungan adalah sebuah proses yang dikedepankan untuk menjadi landasan pemikiran dan penciptaan kreativitas. Nilai guna, nilai pakai dan estetika harus selaras dengan nilai keberlangsungan sehingga tidak terlepas dari konteks dan konstelasi besar.

-

Merayakan Peradaban Bali. “Acara ini mengangkat nilai luhur filosofi dan kosmologi masayarakat Bali sekaligus memotret perubahan sosial kultural yang tengah terjadi. “Sprites” tidak hanya hadir sebagai ajang yang akan mempertontonkan karya, tetapi membagi serangkaian proses dalam penciptaan sebuah karya hingga “Sprites” mampu menghadirkan kesenian secara total (total art)”. Yoka Sara

Dalam perjalanan Sprites 2013 saya beberapa kali ikut berpartisipasi dalam ritual art Segara Gunung dan 9 moment sprites, diantaranya segara gunung Jantra Lunar, Moment #4, moment #8. Nilai kolaborasi sprites bali sangat dikedepankan dalam proses berkesenian total sehingga menghasilkan sebuah perpaduan karya dari berbagai latar belakang seni yang lebur menjadi satu. pengalaman berkesenian dan spiritual yg saya dapatkan dari art event ini membri pandangan baru dan “impact” tersendiri terhadap personal saya dalam berkesenian dan berkarya. Beberapa foto bisa diliat langsung di laman profile resmi Sprites Bali https://www.facebook.com/SpritesBali/